Karya Ilmiah Peluang Bisnis Belajar Dari Kesuksesan Orang Lain



Karya Ilmiah Peluang Bisnis
Belajar Dari Kesuksesan Orang Lain
 (Tugas Akhir)





 Oleh :

Nama             : Dwi Risma Ningsih
NPM              : 16.02.9368)
Kelas              : D3 Manajemen Informatika
Kelompok      :  A






D3 MANAJEMEN INFORMATIKA
SEMESTER GENAP AKADEMIK 2016/2017








KATA PENGANTAR KARYA ILMIAH

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga karya Ilmiah  ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah membantu dengan memberikan  materi maupun pikirannya.
   Dan harapan kami semoga karya ilmiah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi karya ilmiah ini agar menjadi lebih baik lagi.
    Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman, saya yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu saya sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

                                                                                     


Yogyakarta, 22 Februari 2017
                                                                                                           
                                   
                                                                                                           Penyusun




  
ABSTRAK


Belakangan ini banyak orang mulai lebih melirik dunia usaha ketimbang menjadi karyawan suatu perusahaan.Kesuksesan finansial yang bisa diperoleh dari membangun usaha sendiri mendorong orang untuk memilih memulai usaha mereka sendiri.Banyak kisah sukses para pengusaha yang mulai dari nol dan harus melewati jalan panjang dan berliku sebelum akhirnya meraih kesuksesan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menjajal dunia wirausaha.Di sini Anda bisa menyimak kisah sukses pengusaha dari tanah air yang berskala menengah hingga besar, tua maupun muda, yang rata-rata memulai dari bawah dan serba sulit sebelum mencapai kesuksesan yang sekarang.



1.     Contoh Artikel Orang Sukses


Bob Sadino
 

Terlahir di Lampung, 9 Maret 1939, mendiang pengusaha dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino ini termasuk salah satu pengusaha sukses yang sempat mengalami jatuh-bangun sebelum akhirnya menorehkan kesuksesan besar. Setelah sekitar sembilan tahun menjadi pegawai, Bob memutuskan untuk berhenti dan banting setir menjadi pengusaha. Usaha pertama yang dirintisnya adalah bisnis penyewaan mobil, dengan hanya bermodalkan satu mobil Mercedes dan ia supiri sendiri.

Namun karena musibah kecelakaan yang menimpanya saat mengemudikan mobil yang disewakannya itu, bisnis itupun berhenti di tengah jalan. Tidak putus semangat, ia kemudian beralih profesi sebagai buruh bangunan yang dibayar dengan upah harian. Saat menjadi kuli tersebut, ia melihat adanya peluang bisnis yang lain, bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri. Dengan modal pinjaman tetangganya, akhirnya Bob mulai menjalankan bisnis tersebut.Awalnya, Bob menawarkan sendiri dagangannya dari rumah ke rumah di wilayah sekitar tempat tinggalnya, terutama kepada para ekspatriat, di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.  Bisnis telurnya tersebut akhirnya berbuah manis dan ia mengembangkan sayap dengan menjual daging dan sayuran hidoponik. Berkat keuletannya, bisnis tersebut sukses dan ia pun mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian. Meski sudah sukses, ia tetap tampil sederhana dan kerap kali melayani sendiri para pelanggannya seperti keluarganya sendiri.



Reza Nurhilman 

Bagi yang belum mengenal nama ini, mungkin Anda lebih mengenal “kripik setan” Maicih. Ya, Reza Nurhilman adalah nama pemuda yang berada di belakang produk keripik singkong ekstra pedas yang populer itu. Reza memulai bisnis keripik singkong ini pada pertengahan 2010 seorang diri saat berusia 23 tahun dengan modal awal 15 juta rupiah. Untuk bisnisnya ini, ia menggandeng satu produsen keripik lokal di Bandung.

Reza mengawali bisnisnya ini dengan melakukan pemasaran sederhana, yakni melalui platform media sosial, Twitter, sebelum mengembangkan sayap dengan menerapkan sistem keagenan yang menggunakan istilah Jenderal agar produknya bisa menggapai konsumen yang lebih luas. Para Jenderal ini memasarkan produknya dengan cara berkeliling atau nomaden.

Pemuda kelahiran Bandung 28 tahun yang lalu ini mengaku kunci kesuksesannya terletak pada cara berpikirnya yang out of the box, yaitu dengan tidak membuka toko seperti kebanyakan penjual sehingga membuat produknya eksklusif.  Melalui Twitter, para jenderal memberitahu informasi lokasi penjualan setiap harinya. Cara pemasaran yang cukup unik ini terbukti berhasil mengangkat nama Maicih di dunia maya. Baru setengah tahun saja, omzet Maicih bisa mencapai Rp7 miliar per bulan.Angka yang fantastis, bukan?
  


Nicholas Kurniawan

Nama Nicholas Kurniawan mungkin belum terlalu familiar di telinga Anda, namun saat ini di usianya yang masih sangat belia, 20 tahun, ia sudah sukses menjadi eksportir ikan hias termuda di Indonesia. Semua berawal dari kondisi keluarganya yang terpuruk dan terlilit utang, dan Nicholas pun berniat untuk mengubah nasibnya. Sempat mencoba berbagai bisnis mulai dari asuransi, makanan, MLM, dan mainan, jatuh bangun dan bahkan sempat tidak naik  kelas saat kelas 2 SMA, ia mulai bangkit kembali dan mencoba peruntungannya dengan menjual ikan hias secara online melalui situs Kaskus. Meski sempat beberapa kali ditipu oleh calon pembeli, bisnis ikan hias Nicholas kini sudah menjangkau luar negeri dan dalam sebulan omzetnya bisa mencapai lebih dari Rp100 juta.




2. Bagaimana Cara Belajar Dari Kesuksesan Orang Lain
1                
          1. Membaca
        Membaca memungkinkan anda belajar dari banyak orang hebat. Anda memang memiliki 
        akses pribadi yang terbatas kepada mereka, tetapi anda memiliki akses hamper tak terbatas 
        untuk pengalaman mereka melalui buku-buku.
2        2.  Mendengarkan Audio
        Sama seperti membaca buku, mendengartan audio memungkinkan anda untuk menkonsumsi 
        informasi.Hal baiknya adalah bahwa anda bias melakukan sambil melakukan kegiatan orang 
        lain. Misalnya anda dapat mendengarkan podcast saat bekerja atau melakukan tugas-tugas.
3        3.  Mencari Mentor
        Menemukan mentor yang baik tidaklah mudah, namun jika bias menemukan mereka adalah 
        laksana emas. Berbeda dengan metode sebelumnya, anda dapat berinteraksi dengan mentor 
        anda. Mereka kemudian dapat memberikan saran khusus untuk situasi anda.




Referensi


http://www.akuinginsukses.com/bagaimana-untuk-sukses-dengan-belajar-dari-orang-lain/



 

Share this article :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Karya Ilmiah Peluang Bisnis Belajar Dari Kesuksesan Orang Lain"